GuidePedia

2

Pembahasan Chapter 797

>> PEMBAHASAN CHAPTER 797 << 


Hello Minnaaa!!!



Kembali lagi bersama ku dalam pembahasan chapter.

Chapter kali ini menceritakan tentang Rebecca yang ingin hidup bersama dengan ayahnya, Kyross. Lucy yang telah menyelamatkan Dressrosa tiba-tiba menculik Rebecca hanya untuk mengantarkannya kepada Kyross. Disaat yang genting ketika angkatan laut sudah bergerak untuk menangkap para berandalan, keberadaan Luffy masih belum terlihat.

Cepat, Luffy!!! Fujitora sudah dataaaaang!!!

Yakk! Tidak usah berlama-lama. Langsung saja kita bahas ya.. Berhubung chapter kali ini “nanggung” jadi pembahasan tidak akan begitu panjang.

Silakan membacaaaaaaa :)




------------------------------Komik One Piece Bahasa Indonesia---------------------------------





PEMBAHASAN



Chapter 797

“Rebecca”


> Cover Chapter




Cover chapter kali ini menggambarkan tentang kembalinya Smoker ke pangkalan. Ya menurutku lagi-lagi Oda ingin menyampaikan kepada kita kalau Smoker sudah sembuh. Tashigi dan anak-anak ikut merayakan kepulihan Smo-yan dengan pesta permen kapas. Kira-kira sampai berapa lama lagi yah ‘cover request’ ini terus berlangsung.. Aku pengennya lanjut Cover Story ceritain siapa gitu.. Coby sudah, Buggy sudah, Ace sudah, Baroque works sudah, Enel sudah, CP 09 sudah, Jinbei sudah, hmm masih ada lagi tapi aku lupa.. Hahaha maap yak :P

Kira-kira Cover Story selanjutnya menceritakan siapa hayooo?
Kalau menurutku sih.. tentang kehidupan Kyross dan Rebecca setelah kejadian ini..
Kalau menurut Nakama KOPBI sendiri, siapa??? Shishishi :D



> Pelabuhan Timur




Sesuai Komando dari Bartolomeo, semua akan berkumpul di Pelabuhan Timur. Para prajurit lainnya sudah siap di posisi masing-masing untuk menghadang angkatan laut.

LUCUNYA.. Setelah bersikap keren dan bijak dan seolah-olah tau dimana pelabuhan timur, Zorro dengan ‘bodoh’nya lari ke arah yang lain! LOL! Dia bilang ke Luffy “kami tunggu dipelabuhan timur!” padahal ga tau dimana itu pelabuhan timur. Dan yang lebih ‘konyol’ lagi Barto tetap mencintai ‘Zoro senpai’nya yang ‘bodoh’ itu. LOL.


Setelah itu Kamp angkatan laut sekarang dipimpin oleh Vice Admiral Bastile. Jadi di Camp sekarang keadaannya sedang sepi karena ia mengatakan bahwa ‘petinggi’ lainnya sudah bergerak menuju ‘lokasi’. Menurutku Tsuru dan Sengoku sudah bergerak. Pertanyaannya, apakah mereka juga ke pelabuhan timur atau ke arah lain?


Jika Tsuru dan Sengoku juga pergi ke arah timur, seharusnya mereka sudah bertemu dengan Jet, Abdullah, dan lainnya. Kenyataannya sekarang Barto, Robin, dan lainnya juga sedang menuju Pelabuhan Timur (by the way Barto niat banget ya sampai buat bendera penunjuk arah). Kemudian di Pelabuhan Timur sudah ada Jet, Abdulla, dan Ideo yang telah mengalahkan pasukan angkatan laut yang berada disana. Jet mengangkat denden mushi dan menipu Vice Admiral Bastile. Jet mengatakan situasi aman-aman saja padahal seharusnya pelabuhan timur akan terjadi kerusuhan. Vice Admiral Bastile tidak mudah tertipu dan langsung sadar bahwa pelabuhan timur sudah dikuasai.


Menurutku setelah ini pelabuhan timur situasinya akan kacau, karena ternyata pada halaman terakhir Fujitora sudah sampai di Pelabuhan Timur. Kemungkinan Tsuru dan Sengoku juga mengarah kesana. Ah sebentar! Aku ada sedikit teori tentang pembagian tugas para petinggi angkatan laut yang berada di Dressrosa saat ini.

1.       Fujitora > mengejar Luffy dan yang lainnya
2.       Tsuru > mengurus pengangkutan Doflamingo
3.       Sengoku > ditahan oleh Law ATAU pergi begitu saja untuk bertemu dengan Law

Berdasarkan teori ini kita jadi bisa memetakan posisi angkatan laut saat ini. Wajar kalau tidak semua angkatan laut pergi ke pelabuhan timur. Untuk point pertama, kita sudah melihat jelas bahwa Fujitora sudah sampai di pelabuhan timur. Kemudian Tsuru yang kita tahu bahwa beliau yang dari dulu mengurus Bajak Laut Doflamingo, sepertinya akan fokus kepada Doflamingo.

Yang aku curiga juga adalah pergerakan CP 0. Dichapter 793 pemerintah dunia  mengatakan bahwa mereka telah menyerahkan semua ke CP 0, tetapi sampai sekarang pergerakan mereka belum diketahui. Bisa jadi mereka balik lagi dan menghadang Tsuru untuk membawa Doflamingo.

Lalu aku juga penasaran dengan sikap Law ketika mendengar nama Sengoku. Selain Luffy, Law juga ikut menghilang. Sepertinya ia pergi ntuk mengatakan sesuatu kepada Sengoku mengenai masalah Corazon. Kita tidak tahu pasti, yang pasti pada chapter ini Law dan Sengoku tidak diperlihatkan.

Oke untuk marinir mungkin dichapter berikutnya akan banyak mendapat bagian. Tapi tetap saja ujung-ujungnya Luffy dkk berhasil lolos. Atau Barto akan melakukan hal gila seperti Mr.2 Bon Clay demi menyelamatkan Luffy Senpainya? Yah who knows.. Sepertinya akan terjadi ‘battle sesaat’ di chapter besok. We’ll see!


> Hutang Budi



Para Pahlawan dari Coloseum lainnya ternyata sudah bersiap untuk menghadang para angkatan laut yang mengejar Ussop dkk. Cavendish, Hajrudin, Sai, Baby 5, Blue Gilly, dan Sulaiman sigap untuk menghalau gerakan angkatan laut. Setelah Ussop mengatakan “terima kasih” mereka mengatakan “jangan konyol!”. Menurutku sih Sai yang bilang seperti itu. Ingat tidak saat Lucy mengucapkan terima kasih kepada Sai di awal turnamen? Sai langsung marah karena tidak terima dibilang makasih. LOL. Ada juga yah manusia seperti itu. Nah, kali ini juga demikian, sepertinya Sai tidak terima ucapan terima kasih dari Ussop. Hahaha.. Kemudian yang lain juga sepemikiran. Mereka Cuma mau membayar hutang, hutang seumur hidup.


Bagaimana tidak, mereka pernah dijadikan mainan dan terlupakan. Diantara para mainan tersebut ada yang sudah 10 tahun menjadi mainan. Pastinya mereka takut dan putus asa ketika mendengar hal tersebut. Tidak disangka-sangka, God Ussop telah mengalahkan Sugar dan membuat mereka kembali menjadi manusia. Dan Sang Kapten, Lucy, juga telah menyalamatkan Dressrosa di hari itu. Mungkin bagi mereka yang tlah menjadi mainan, Straw Hat Pirates adalah pahlawan yang sebenarnya :)
  

> Tindakan Luffy



Yak!!! Terjawab sudah apa yang ingin dilakukan oleh Luffy. Ternyata benar seperti prediksi sebelumnya. Kalau Luffy merasa tidak tahan dengan gosip yang beredar. Luffy yang polos Cuma bergerak berdasarkan insting dan perasaan (kaya anak kecil beut dah ni anak atu) :D


berawal dari chapter sebelumnya saat Kyross menceritakan kebohongannya kepada Luffy, Zorro, dan yang lainnya didalam rumahnya. Saat itu Luffy bingung dengan apa yang diceritakan Kyross. Ia tidak setuju, menurut Luffy Kyross lah ayah Rebecca. TITIK!!! :P

Tujuan Luffy ternyata hanya ingin Rebecca bahagia. Bukan karena ia ditraktir makanan didalam Coloseum, tetapi karena Luffy tahu kenyataannya. Luffy merasa janggal dihatinya dan merasa harus menyelesaikan kejanggalan itu. Tadinya kupikir ia akan membawa Kyross kedepan Rebecca, atau mengumumkan kebenenaran tersebut lewat pengeras suara, tapi ternyata salah semua. Ternyata Luffy malah mendatangi Rebecca dan mengajaknya untuk bertemu Soldier-san.

Menurutku chapter kali ini cukup mengharukan. Aku benar-benar kagum terhadap Oda yang selalu bisa memainkan perasaan pembacanya.


Setelah rebecca mendengar kalau Lucy akan pergi meninggalkan Dressrosa, ia ingin mengucapkan terima kasih pada Lucy. Tetapi kondisi saat ini sangat genting, dimana ia akan diangkat sebagai Putri Kerajaan. Tetapi tiba-tiba...

Luffy meloncat ke jendela istana hanya untuk menyelesaikan ‘masalah keluarga’ orang lain. Coba perhatikan kata-kata Luffy berikut ini. “Apa kau terima? Soal tuan prajurit! Dia takkan muncul lagi dihadapanmu!!!” kata-kata ini simple tetapi bagi Rebecca sangat “JLEB” kali ya. Di chapter kemarin terlihat Rebecca murung terus memikirkan hal ini, tiba-tiba Lucy datang dan kata-katanya langsung mengenai hatinya. Rebecca mungkin sudah tahu kenyataannya, tetapi ia tidak bisa berbuat apa-apa kalau sang ayah sudah membuat keputusan. Walaupun sebenarnya Rebecca sangat ingin hidup bersama Kyross setelah semua kejadian ini. Sungguh pergolakan batin yang luar biasa bukan?


Sekali lagi Luffy bertanya “APA KAU TERIMA!!??”. Ternyata tujuan Luffy balik lagi saat sedang dikejar, benar-benar hanya ingin mempertemukan Rebecca dan Kyros, sangat simpel. Kemudian Rebecca pun menangis dan sejujurnya ia tidak terima isi dari surat tersebut dan Luffy pun mengajak Rebecca untuk ikut bersamanya.


Setelah beberapa prediksi sebelumnya mengenai tindakan apa kira-kira yang akan dilakukan Luffy, ternyata inilah yang dilakukan oleh Luffy! Sangat simpel dan mengharukan :’)

  

>Kepergian Sang Pahlawan 


Disaat terakhir, Luffy akhirnya membawa Rebecca untuk bertemu Kyross. Tetapi orang-orang menganggapnya sebagai penculikan. Tadinya Lucy dianggap pahlawan karena sudah menyelamatkan Dressrosa, tetapi setelah mendengar berita bahwa Rebecca diculik oleh Lucy akhirnya penduduk langsung membenci Lucy.



Riku yang sedang bersiap untuk upacara kerajaan memerintahkan Tank untuk memanggil Rebecca dan Viola untuk bersiap. Tetapi setelah itu laporan datang dan mengatakan kalau cucunya telah diculik. Riku pun kaget dan sangat marah, tetapi setelah tahu yang menculiknya adalah Lucy, wajah Riku langsung bingung dan bertanya-tanya. Ada yang bilang kalau Lucy ingin minta uang tebusan. LOL. Mana mungkin, kecuali Nami :P


Setelah mengantarkan Rebecca Luffy langsung pergi menyusul teman-temannya. Luffy juga bilang kalau Rebecca jangan sampai ketahuan karena ia akan dibawa ke istana lagi kalau ketahuan. Semuanya clear! Luffy pun langsung pergi. Bagaimanapun sekarang rakyat Dressrosa malah membenci Luffy dan menyesal karena telah menganggap Luffy sebagai pahlawan. Pada akhirnya mereka tidak akan mempercayai bajak laut manapun lagi.


Luffy sendiri tidak akan peduli dirinya dianggap seperti pahlawan atau bukan, ia hanya ingin membahagiakan sebuah ‘keluarga kecil’. Hanya itu.


Kemudian, ada satu hal yang membuatku bertanya-tanya. Ketika Luffy loncat dari istana dan membawa kabur Rebecca, saat itu angkatan laut segera membidik Luffy. Lalu angkatan laut yang membidik tiba-tiba jatuh. Tapi di chapter mengatakan bahwa ‘mereka tidak pingsan’. Vice Admiral Bastile juga heran, kalau itu Houshoku (Haki Raja) seharusnya mereka pingsan. Tetapi ini tidak.


Menurutku ini adalah perbuatan Tontatta! Mereka kecil dan tidak terlihat. Mereka juga kuat. Jadi sepertinya Tontatta sudah disebar ke semua bagian untuk menghalangi angkatan laut mengejar Luffy dan yang lain. Inget kan chapter kemarin kalau Tontatta dan Kyross punya strategi? Menurutku strateginya adalah membantu Luffy kabur dengan melumpuhkan angkatan Laut dan bersembunyi di tempat-tempat yang tak terlihat. Yaaaa.. Kita lihat besok ya.... Hihi

> Ayah


Kyross bersiap pergi. Setelah mengingat masa lalunya bersama Scarlet, Kyrosspun beranjak keluar dari rumah. Tetapi.... ternyata ada Rebecca depan pintu!


Kyross berharap tidak akan bertemu dengan Rebecca kembali dan pergi dengan tenang dengan meninggalkan anaknya di Negeri yang damai, tetapi ternyata Rebecca muncul didepan matanya. Ini semua gara-gara Luffy! Luffy seperti mak comblang atau tali kasih yang mempertemukan orang-orang tersayang. LOL. Padahal semua itu hanya berdasarkan sifat polosnya saja. :D

lanjut ya, setelah bertatapan sangat lama, Rebecca sudah berkaca-kaca. Kyross berusaha menjelaskan apa yang ia tulis disurat itu. Rebecca yang mengetahui kebenaran bahwa ayahnya adalah seorang pembunuh, ia tidak peduli dan mengatakan bahwa “Aku adalah anak Kyross!!”.


Mendengar hal tersebut, air mata Kyros pun tak tertahan lagi dan akhirnya terjatuh. Kyross tidak bisa berkata apa-apa dan senang bahwa Rebecca dapat menerima dirinya apa adanya. Akhirnya kini mereka berdua bisa hidup bersama.

Benar-benar mengharukan ya.. kaya sinetron aja.. beneran kaya tali kasih sih chapter ini..LOL.. Kira-kira kemana Kyros dan Rebecca setelah ini? Hmm kayanya sih suka-suka Oda mereka mau dikemanain, tapi menurutku mereka juga akan pergi meninggalkan Dressrosa. Viola juga mengatakan bahwa Rebecca tidak akan kembali ke istana.


Lalu Rebecca sekarang sudah pergi. Mau tidak mau Viola lah yang menjadi Putri Kerajaan, walaupun sebenarnya aku tidak tahu persis bagaimana penurunan posisi dalam sebuah kerajaan. Tetapi berdasarkan darah, menurutku Viola pantas menjadi Putri baru Dressrosa. Viola mengatakan bahwa ini adalah yang kedua kalinya ia mendapatkan permintaan aneh. Pertama dari Scarlet, kedua dari anaknya. Sungguh takdir yang aneh. Yah kalau kata Raja Riku, buah jatuh tidaj jauh dari pohonnya :)

> Kesimpulan dan Prediksi Chapter


797, chapter yang ‘nanggung’ tetapi menyampaikan banyak pesan kepada kita semua. “Katakan sebelum semuanya terlambat!” itu lah pesan yang dapat kita ambil dalam chapter ini. Rebecca yang tidak bisa berbuat apa-apa akhirnya dibantu oleh Luffy untuk mengeluarkan keberaniannya. Karena jika ia tidak bertindak seperti itu, mereka pasti akan berpisah. Kemudian para marinir sudah semakin mendekat ke pelabuhan timur, bahkan Fujitora sudah sampai. Tetapi kedua kapten penting dalam tim ini belum datang, yaitu Luffy dan Law. Kalau Luffy kan tujuannya sudah jelas untuk mempertemukan Rebecca dengan Kyross. Kalau Law kita belum tahu. Sepertinya dia juga ingin mengucapkan terima kasih kepada sengoku.



Prediksi chapter selanjutnya sepertinya akan terjadi ‘sedikit pertarungan’ sambil menunggu kedua kapten kembali. Mungkin zoro akan menahan Fujitora sementara menunggu Luffy dan Law. Yah semoga chapter besok semua sudah kelar. Semoga mereka semua berhasil meninggalkan Dressrosa dengan selamat. Aamiiin...

Bersambung..... ke pembahasan berikutnya..
See you :)





-----------------------Komik One Piece Bahasa Indonesia------------------------



Yoooooooossshhhhhh!!!!

Mungkin sekian saja pembahasan chapter kali ini. Maap tidak banyak yang dapat kita bahas, karena aku hanya membahas apa yang ada pada chapter saja.


Oke sampai jumpa....... :D

Shishishi :D



Regards,  #Sabo-kun

Post a Comment Blogger

 
Top